Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Develop Project Flutter Menggunakan Real Device Tanpa Kabel USB

Solusi bagi yang merasa terganggu menggunakan kabel USB saat menjalankan aplikasi Flutter dengan real device.


1. Download ADB/platform-tools kalo belum terpasang di sdk path. Cara mengecek belum terpasang atau sudah bisa lewat command prompt dengan mengetik perintah "adb". Kalo belum akan muncul pesan "adb is not recognize blablabla".

2. Extract folder "platform tools" yang sudah didownload ke dalam folder sdk path. Ini folder sdknya di hide ya, jadi aktifkan dulu hidden items biar bisa keliatan.


3. Masuk ke C:\ -> Users -> Folder nama usermu-> AppData - Local -> Android -> Sdk. Kalo sudah pindahkan folder "platform-tools" yang sudah didownload ke dalam folder sdk. Kalo ternyata folder platform-tools sudah ada, silakan abaikan lanjut ke langkah berikutnya.

4. Tambahkan path dengan mengarahkan folder platform tools tadi pada enviroment.

Caranya ketik "environment" pada windows search dan buka Pilih menu advanced dan klik enviroment variables. kemudian klik edit pada bagian path.

Browse folder paltform-tools hingga seperti gambar langkah nomor 4.

5. Buka menu setting hp android kamu yang akan menjadi device untuk menjalankan aplikasi flutter dan lihat ip addressnya.

6. Jalankan perintah dibawah ini lewat CMD/command prompt

adb tcpip 5555

adb connect ipaddresshp:5555

adb devices

Harusnya kalo sudah sampai tahap ini sudah berhasil. Tapi kalo gagal, coba sambungkan kabel usb kamu ke device hp. Terus jalankan perintah ini lewat cmd lagi.

adb kill-server

adb tcpip 5555

Diskonek USB dan ulang jalankan perintah nomor 6. 

Harusnya device kamu sudah terbaca meski tidak terhubung menggunakan kabel USB. Kalo ingin kembali menggunakan kabel, tinggal diskonek adb device dengan menjalankan perintah adb disconnect

Posting Komentar untuk "Develop Project Flutter Menggunakan Real Device Tanpa Kabel USB"