Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Merekam Suara, Edit Video, dan Membuat Thumbnail Youtube

Sebelumnya saya telah membuat beberapa artikel tentang tips agar video tidak terkena copyright hingga tutorial cara membuat video alur cerita film yang lagi hits saat ini. Namun kali ini saya akan menjelaskan aplikasi apa saja yang saya gunakan dalam membuat video selama ini dari awal hingga sampai di-upload.

1. Microsoft Word dan Google Docs

Aplikasi ini saya gunakan menulis skrip atau narasi yang saya rangkum sedemikian rupa dalam video saya. Karena dirumah saya internetnya kurang stabil, jadi biasanya saya akan menggunakan Ms Word, tapi jika koneksi sedang good mood, saya lebih memilih menggunakan Google Docs karena lebih praktis dan banyak fitur yang bisa mempermudah pekerjaan saya menulis seperti fitur voice typing.

2. Audacity

Rekam dan edit suara dengan audacity
Sebelum menggunakan aplikasi ini, saya menggunakan Filmora Wondershare untuk merekam suara sekaligus mengedit video. Namun tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Filmora untuk membersihkan suara dari noise hingga memberikan beberapa efek untuk menjernihkan suara. Maka dari itu saya menggunakan Audacity, dan masalah-masalah saya sebelumnya dapat teratasi dengan baik. Nggak cuma sekedar bersih-bersih suara, Audacity juga memiliki fitur efek yang dapat digunakan sesuai kebutuhan suara yang diinginkan.

3. Filmora Wondershare 10

Edit video dengan filmora
Bagi saya yang tidak mempunyai skill editing yang baik, Filmora menjadi pilihan terbaik saat ini. Karena menurut saya filmora memang diciptakan untuk orang awam yang pengen bisa ngedit. Bahkan efek animasi, title, subtitle, transisi video, dan masih banyak lagi sudah disediakan oleh filmora secara gratis. Kalo mau yang lebih keren lagi ya harus bayar, tapi fitur gratisnya pun sudah sangat mencukupi kebutuhan saya untuk mengedit video.

Biasanya dulu untuk membuat intro dan outro video saya selalu menggunakan layanan dari Panzoid.com. Maklum nggak bisa ngedit, jadi saya pakai kreasi template yang sudah disediakan. Tapi setelah pakai filmora khususnya yang versi 10, intro dan outro bisa saya buat sendiri.

4. PhotoScape X

Membuat thumbnail youtube
Dari oktober 2018 hingga desember 2020 ini, saya menggunakan aplikasi ini untuk membuat thumbnail YouTube. Hal yang paling pertama saya lakukan biasa melakukan resize image menjadi 700x400 px (Menurut saya ini ukuran thumbnail yang pas, kalo kurang dari ukuran itu biasanya akan ada garis berwarna hitam pada thumbnail). Selanjutnya tinggal tempel gambar serta berikan teks untuk memperkuat thumbnail agar menjadi menarik.

Mungkin dari software hanya 4 aplikasi diatas yang selalu gunakan. Sedangkan untuk hardware saya menggunakan Microphone merk Nubwo serta Laptop Asus A456UR yang sedikit sudah saya upgrade SSD dan RAM nya.

Sekian, semoga bermanfaat.

7 komentar untuk "Aplikasi Merekam Suara, Edit Video, dan Membuat Thumbnail Youtube"

  1. Untuk mic nya ini udah cukup ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bagi saya pribadi sih udah cukup. Dulu sempet pake clip on juga tapi banyak noisenya. Btw, kepala micnya saya bungkus pake tisue biar lebih jernih suaranya wkwk

      Hapus
    2. soalnya ane pake soundtech masih noise mulu

      Hapus
  2. ada recomended mic yg nangkep suara 1 arah ga bang?

    BalasHapus
  3. makasi infonya gan, bermanfaat bnget...

    BalasHapus
  4. Pakailah mic bawaan PS4 .. di jamin mantap

    BalasHapus