Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Silver Play Button Bagi yang Tidak Dapat Notifikasi

YouTube merupakan media berbagi video terbesar dan terpopuler di dunia. Di Indonesia, banyak sekali para konten kreator YouTube yang menjadikan media ini sebagai sumber penghasilan hidupnya. Kepopuleran YouTube tidak hanya dikalangan para selebgram atau artis saja, melainkan semua orang dapat bergabung dan berkreasi di YouTube.

Kehadiran YouTube kini telah mengubah banyak hal bagi masyarakat, mulai dari ditinggalkannya televisi oleh masyarakat hingga membuka lapangan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi para konten kreator.


Sampai saat ini, sudah ratusan orang indonesia yang telah mencapai lebih dari 100.000 subscriber/pengikut di YouTube, bahkan salah satu konten kreator asal Indonesia memiliki jumlah subscriber terbanyak di Asia Tenggara yaitu Atta Halilintar dengan 16 juta subscriber hingga saat artikel ini diterbitkan.

Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang Atta Halilintar melainkan tentang bagaimana cara meng-klaim penghargaan Silver Play Button bagi konten kreator yang telah mencapai 100.000 subscriber. Ketika subscriber saluran telah mencapai 100.000 lebih, biasanya pihak YouTube akan mengirimkan notifikasi ke Dashboard YouTube, namun dari berbagai pengalaman teman-teman konten kreator banyak yang tidak mendapatkan notifikasi meski telah mencapai 100.000 subscriber.

Maka dari itu artikel ini akan menjawab keluh kesah para konten kreator untuk mendapatkan Silver Play Button meski tidak ada notifikasi klaim redeem code. Simak langkahnya berikut ini.

#1 Kunjungi YouTube Help

Setelah megunjungi situs resmi Forum Bantuan YouTube, pada kolom pencarian ketikkan creator reward dan setelah itu pada menu Creator Award FAQs pilih "Why haven't I received a notification about my Creator Award?" dan klik pada tulisan Creator Support Team.

#2 Chatting dengan Admin YouTube

Setelah itu akan dibawa pada halaman Team Support YouTube, dan pilih salah satu admin sesuai dengan negara dan bahasa yang digunakan beserta jam kerjanya.


Saya merekomendasikan memilih Chat in English karena jam kerjanya full 24 jam dan admin-adminnya fast respon. Setelah anda mengklik salah satu dari menu Chat Language, selanjutnya anda akan dibawa pada halaman mengisi formulir seperti dibawah ini.


Silahkan anda isi Firstname dengan nama depan channel YouTube atau nama depan asli anda. Begitu pula dengan Lastname, anda bisa isi dengan nama belakang channel YouTube atau nama belakang asli anda. Selanjutnya pada bagian Email Address anda isi dengan email yang akan digunakan untuk menerima pesan dari pihak YouTube. Dan pada kolom Channel URL, wajib anda isi dengan URL channel anda karena dari pihak YouTube akan melakukan pengecekan secara menual terkait masalah yang akan anda sampaikan.

Lalu bagian terakhir anda harus mengisi kolom keluhan anda terkait masalah meminta notifikasi silver play button. Anda bisa mengisi nya dengan kalimat dibawah ini.

I want to get the silver play button award because I have reached 100000 subscribers

Setelah itu klik tombol START dan kotak dialog dipojok kanan bawah layar komputer anda akan muncul. Biasanya admin akan menyapa anda dan melakukan pengecekan terlebih dahulu ke url channel anda apakah telah memenuhi syarat atau tidak. Jika telah memenuhi syarat, tim YouTube akan mengirimi anda notifikasi kode unik untuk klaim silver play button pada Dashboard YouTube dan juga pada email.


Setelah itu anda tinggal memasukkan kode unik yang dikirimkan ke link ini dan lakukan verifikasi nama channel dan alamat rumah penerima tujuan anda mengirim silver play button tersebut.

Menurut pengalaman saya, biasanya proses pengiriman kode unik tersebut memakan waktu satu hari setelah chatting dengan tim support YouTube.

Posting Komentar untuk "Cara Klaim Silver Play Button Bagi yang Tidak Dapat Notifikasi"