Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Fisik Kendaran Diluar Daerah/Kota Ternyata Mudah, Ini Syaratnya

Setiap membayar pajak kendaraan lima tahunan sekali pasti kita akan mengganti STNK dan plat nomor yang baru. Sebelum membayar pajaknya kendaraan kita harus dicek nomor rangka dan nomor mesinnya terlebih dahulu.

Proses cek nomor rangka dan nomor mesin ini biasa kita kenal dengan istilah cek fisik kendaraan. Proses cek fisik sebenarnya nggak ribet, tapi jadi sedikit repot kalo kendaraan kita berada diluar kota.

Nah, ntah mulai dari tahun berapa hingga sekarang cek fisik kendaraan diluar kota udah bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat di kota tempat kendaraan kita berada. Dan ternyata masih banyak yang belum tahu soal cek fisik kendaraan diluar kota ini.

Bentar saya ceritain pengalaman saya soal ini. 

Sejak mulai kuliah di Jogja tahun 2016, saya beraktifitas pakai motor plat DR yang dikirim dari Lombok - NTB ke Sleman - Yogyakarta lewat jasa POS Indonesia (mbayar sekitar satu juta dua ratusan buat ongkir). 

Nah, dibulan Agustus tahun 2020 kemarin motor saya habis masa jabatannya dan harus ganti STNK dan plat nomor. Kebetulan diawal Agustus 2020 kemarin juga saya pulang mendadak ke Lombok karena ada urusan lain. 

Terus dibulan Desember saya coba browsing cara ngurus motor saya yang sudah expired untuk diperpanjang lagi masa tenggangnya.

Kemudian saya coba chat Samsat Sleman via instagram untuk tanya-tanya proses apa yang harus saya lakukan. Karena awalnya saya mengira untuk cek fisik kendaraan harus dikota sesuai kode plat daerah kendaraan tersebut..

Saya dapat jawaban bahwa kendaraan yang berasal dari luar kota ternyata bisa melakukan cek fisik bantuan di kota dimana kendaraan itu berada. Dari jawaban itu saya jadi mengira juga bahwa bayar pajak lima tahunannya bisa dilakukan di Samsat Sleman. Tapi setelah saya lanjutkan tanya eh malah dikacangin. Wkwk

Untuk menjawab rasa penasaran kemudian saya chat Samsat Selong (samsat kota saya di Lombok) dan akhirnya mendapat jawaban yang cukup mencerahkan

Ternyata untuk bayar pajak kendaraannya tetap di kota asal kendaraan tersebut. Namun untuk cek fisik kendaraannya bisa dilakukan di samsat terdekat. 

Singkat cerita dibulan Maret 2021 saya sudah di Jogja. Kemudian saya pergi ke kantor Samsat Sleman yang ada di jalan Magelang. Baru sampai di pintu masuk sudah banyak mas-mas dan bapak-bapak yang nawarin jasa mereka buat bantu ngurusin masalah kendaraan di Samsat. (Apa ini namanya calo ya?)

Saya cuek aja bilang "makasih pak" terus masuk kemudian parkir di parkiran khusus cek fisik motor (ada banner penunjuknya). Oiya, layanan cek fisik kendaraan ini buka mulai jam 08.00 sampai 11.00 WIB. Sebenernya sih saya datang dua kali, yang pertama jam 10.00 an dan ternyata ramai antriannya kemudian saya pulang dan besoknya datang lagi ontime jam 08.00.

sumber: instagram samsat sleman

Setelah ambil nomor antrian warna hijau (untuk roda dua) kemudian saya menunggu sekitar 30 menitan baru dipanggil sama bapak-bapak penjaga loket terus ditanya-tanya alasan saya cek fisik bantuan ini untuk apa. (saya jawab buat mbayar pajak lima tahunan).

Untuk cek fisik bantuan syaratnya:

  1. BPKB asli
  2. STNK asli
  3. KTP sesuai nama di STNK
  4. Kendaraan (motor/mobil) yang mau di cek fisiknya

Nggak sampai 10 menitan dicek kemudian saya dikasih berkas untuk dibawa ke bapak petugas yang sudah standby di area parkiran khusus cek fisik kendaraan. (saya ngantri sekitar 30 menitan, satu motor butuh waktu sekitar 7 menit untuk dicek nomor rangka dan nomor mesinnya oleh bapak petugas).

Setelah beres digosok nomor rangka dan nomor mesin motor saya, kemudian saya diminta langsung ke loket lagi untuk nyerahin berkas yang udah diverifikasi sama bapak petugas cek fisik tadi. (saya langsung aja serahin berkasnya).

Lalu saya duduk nunggu 15 menitan kemudian dipanggil oleh petugas diloket. Bapak petugasnya meminta saya untuk segera mengirim berkas tersebut ke Lombok dan mbayar pajak lima tahunannya.

FYI, dari semua proses cek fisik bantuan di Samsat Sleman ini saya tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali biaya parkir aja dua ribu rupiah untuk roda dua.

Posting Komentar untuk "Cek Fisik Kendaran Diluar Daerah/Kota Ternyata Mudah, Ini Syaratnya"